05 Februari 2010 | 22:23 wib | Internasional

Dua Bom Mobil Meledak di Karbala, 32 Orang Peziarah Syiah Tewas

image

Foto: AP

Karbala, CyberNews. Dua bom mobil meledak, Jumat (5/2), disaat kerumunan peziarah Syiah memenuhi jalan raya pada saat mereka berjalan menuju ke sebuah kota suci di selatan Baghdad untuk menghadiri upacara keagamaan. Ledakan ini menewaskan sedikitnya 32 orang dan melukai 154 orang lainnya, kata para pejabat kementerian Irak.

Teror bom ini merupakan yang ketiga kalinya dalam pekan ini disaat ratusan ribu kaum Syiah menghadiri upacara di kota Karbala.

Pekan ini kekerasan telah menjadi sebuah isu utama disaat pemerintahan Irak mempersiapkan pemilihan parlemen yang akan berlangsung pada 7 Maret mendatang, dan diindikasikan terkait dengan rezim Saddam Hussein. Perdana Menteri Irak, Nouri Al-Maliki mengatakan pada Kamis (4/2), ia tidak akan membiarkan Duta Besar AS untuk ikut campur dalam sengketa internal ini, dimana pihak Washington khawatir teror ini bisa menggagalkan rekonsiliasi Sunni-Syiah.

Serangan bom sendiri dimulai pada tengah hari, ketika bom mobil yang diparkir di sekitar kerumunan orang yang akan menghadiri upacara keagamaan meledak tepat di sebelah timur salah satu dari tiga pintu masuk utama ke Karbala. Setidaknya 154 orang terluka dalam ledakan yang terjadi berturut-turut tersebut.

Serangan bom mobil itu terjadi pada puncak ibadah haji ketika jalan-jalan di sekitar Karbala, 80 kilometer Selatan Baghdad, dipenuhi orang yang mencoba mencapai pusat kota Karbala, Jumat (5/2). Kerumunan orang tersebut membuat ambulans sulit untuk mengakses korban-korban yang terluka.

Sementara itu, para pejabat yang dimintai keterangan belum dapat memberikan keterangan terkait serangan bom yang terjadi beberapa kali dalam pekan ini. Mereka beralasan tidak memiliki wewenang untuk memberikan informasi terhadap situasi yang sedang terjadi.

( Yuska , AP/ CN14 )

http://suaramerdeka.com